Perbedaan Content Writer dan Copywriter
Karena namanya yang hampir sama profesi copywriter dan content sering membuat orang bingung. Padahal nyatanya copywritert dan content writer memiliki tugas yang berbeda. Lalu apakah perbedaan keduanya? Simak terus ya!
Baca Juga : Ceritakan tentang anda, menjawab pertanyaan interview kerja
Apa itu content writer?
Sesuai dengan namanya seorang content writer bertugas untuk menuliskan content yang relevan dengan website atau sesuai dengan permintaan klien.
Adapun konten yang dituliskan, umumnya berupa artikel yang lebih panjang dan detail. sebelum menuliskan artikelnya, seorang content writer akan mempertimbangkan penggunaan kata kunci atau keyword yang erat kaitannya dengan SEO. tujuannya adalah agar artikel dapat lebih mudah ditemukan oleh target audiens pada mesin pencarian.
pada sebagian perusahaan content writer termasuk ke dalam divisi marketing. karena artikel dianggap dapat membantu perusahaan dalam memasarkan produknya melalui mesin pencarian Google. sedangkan pada perusahaan media yang murni berisikan informasi, content writer masuk kedalam tim editorial.
di perusahaan seperti ini umumnya konten yang dibuat akan bertujuan untuk mengedukasi pembaca, agar informasi yang kompleks dapat lebih mudah dimengerti oleh awam.
Skills apa saja yang diperlukan oleh content writer?
meski menjadi seorang content writer tampak mudah. beberapa skills berikut ini perlu dimiliki seorang content writer.
Beradaptasi
yang pertama yaitu mudah beradaptasi. setiap website memiliki karakternya masing-masing dan memiliki target audience atau pembaca yang berbeda. misalnya, gaya bahasa pada konten kesehatan tentu akan berbeda dengan gaya Bahasa pada website yang berisikan informasi finansial. Itulah mengapa seorang content writer harus mampu beradaptasi.
Kontraktor
Kemudian kontraktor juga harus memiliki pengetahuan SEO. seperti yang telah disebutkan sebelum menulis, seorang content writer harus mempertimbangkan SEO keyword yang akan digunakan di dalam konten tersebut. oleh karena itu akan jauh lebih baik jika seorang content writer juga memiliki pengetahuan mengenai SEO dan terus update mengenai perubahan algoritma Google.
Menganalisis
memiliki kemampuan menganalisis atau riset yang bagus. Content writer yang memiliki kemampuan untuk meriset akan lebih efektif dalam mendapatkan informasi dan dapat menghasilkan konten yang memiliki kredibilitas.
selain tiga hal tersebut, seorang content writer juga diharapkan mampu bekerja dengan fokus dan terorganisir. sehingga, ia dapat dengan mudah menyelesaikan pekerjaannya sesuai dengan deadline.
Apa itu copywriter?
Profesi copywriter juga menuliskan konten namun konten yang dituliskan lebih bersifat persuasive. Tujuannya adalah untuk membujuk penerima pesan atau user mengambil keputusan untuk menggunakan produk atau jasa perusahaan tersebut. Ads copy ini nantinya akan dipasangkan di berbagai platform. seperti website, atau sosial media.
seorang copywriter juga banyak terlibat dalam pembuatan teks atau script pada iklan TV, radio, ataupun media lainnya. termasuk juga dalam pembuatan sebuah jingle atau slogan sebuah perusahaan. Diperlukan seseorang yang bisa berpikir kreatif, menemukan kata-kata unik, tanpa mengurangi nilai informasi yang ingin diberikan.
Baca Juga : 4 Perbedaan interview HR dan technical
Apa saja skills yang dibutuhkan oleh seorang copywriter?
Adapun skills yang dibutuhkan oleh seorang copywriter adalah sebagai berikut.
Kreatif
yang pertama yaitu kreatif seorang copywriter setidaknya harus mampu menciptakan sesuatu yang baru dan hal ini tentunya akan sangat menantang. Bahkan bukan tidak mungkin kamu mengalami kebuntuan dalam mencari kata yang menarik saat kamu dihadapkan oleh produk yang tidak familiar.
Memiliki rasa penasaran
ketika kamu dihadapkan oleh satu produk yang baru bagimu. maka rasa ingin tahu yang cukup tinggi akan diperlukan. pasalnya kamu perlu menggali lebih dalam mengenai produk tersebut. hingga akhirnya dapat menghasilkan karya menarik.
Memiliki kemampuan menulis yang baik
Selain content writer, copywriter juga perlu memiliki kemampuan menulis dengan baik. serta memiliki pengetahuan mengenai tata Bahasa, tanda baca, dan bahkan memiliki kosakata yang luas. disamping beberapa skill / kemampuan tersebut. seorang copywriter juga perlu memiliki kemampuan untuk meriset. memahami user experience atau pengalaman pengguna. dan menghasilkan konten yang dapat menyentuh emosi pengguna.
Baca Juga : Perbedaan UI/UX Designer dengan Graphic Designer
Intinya adalah copywriter bertujuan untuk menghasilkan konten yang lebih persuasif dan informatif sedangkan content writer lebih kepada menghasilkan konten yang lebih lengkap dan informatif seperti artikel. Jadi jangan sampai kamu salah mengartikan keduanya atau bahkan salah mencarikan kandidat yang tepat untuk perusahaan kamu.