Kesalahan saat wawancara kerja yang perlu dihindari

Kesalahan saat wawancara kerja yang perlu dihindari saat anda memiliki ksempatan untuk bergabung dengan sebuah perusahaan. Interviewer akan memberikan kalian kesempatan untuk bertanya. biasanya pertanyaan yang diajukan bisa sekitar 1 sampai 3. kenapa sih penting banget untuk bertanya, pada saat diberikan kesempatan? kalian pasti pernahkan menjalani proses wawancara kerja di perusahaan-perusahaan yang kalian lamar. baik perusahaan besar, ataupun perusahaan kecil. Nah, pada hari ini, aku pengen share nih teman-teman kesalahan-kesalahan umum yang sering terjadi pada saat wawancara kerja. seperti apa sih detailnya?

Baca Juga: Cara Profesional menjawab pertanyaan interview kerja Ceritakan tentang dirimu

Simak Kesalahan saat wawancara kerja yang perlu dihindari

Kesalahan saat wawancara kerja yang perlu dihindari


Terlambat

Sering banget nih temen-temen, sering banget terjadi, ya kandidat itu sudah di-schedule misalnya, pada jam 13.00 siang, tapi datengnya jam 13.10, 13:15, ataupun 13:20. bayangin gak temen-temen, orang yang sedang ingin mewawancarai kalian menunggu 20 menit untuk kehadiran kalian tanpa kejelasan apapun dari kalian. rasanya itu kayak kalian udah bikin appointment sama orang, tapi kalian gak dateng-dateng. pasti ganggu, kan? risih gak sih orang yang interview kalian. hal-hal kecil kayak gini, membuat first impression kalian kurang baik dan bisa menggagalkan peluang kalian lolos cukup tinggi. baik interview online, dilakukan langsung melalui kanal digital atau Zoom atau Google Meet maupun interview on the spot, teman-teman.

kalo semisalnya interview dilakukan secara online please standby di Google Meet atau Zoom, 10 menit sebelum interview dimulai. kalo semisalnya secara offline, kalian bisa dateng ke kantor, misalnya 20 menit sebelum bertanya kepada Resepsionis. lantai berapa kantor yang akan dikunjungi. dengan siapa kalian akan bertemu. supaya di mata interviewer kalian itu orangnya sangat menjaga waktu, dan menghargai waktu orang lain.

Menjelekkan kantor kalian yang sekarang atau yang lama.

gimana sih rasanya kalian misalnya bertemu dengan orang baru, kemudian orang baru tersebut menceritakan pengalaman kalian sebelumnya. dan kalian membicarakan hal-hal yang buruk terhadap pengalaman kalian yang sebelumnya. pasti tempat kalian yang baru ini akan merasa kayak, kenapa ya orang ini, pengen ke tempat yang baru karena merasa tempat yang lama kurang bagus. kalo misalnya ditanya terkait kantor-kantor lama lebih baik kalian, share pengalaman-pengalaman baik yang terjadi di sana.

misalnya, selama kalian bekerja di situ, apa yang kalian lakukan, kemudian acara-acara di sana secara informal to formal, atau kemudian culture yang dibangun perusahaan tersebut. supaya impression kalian itu, pindah ke tempat yang baru dengan harapan membawa kontribusi yang lebih baik lagi. bukan pindah ke tempat yang baru untuk mencari sesuatu yang lebih baik.

Tidak mengenal perusahaan yang akan kalian lamar

ini penting banget dan sering kejadian. mungkin kalo aku kasih analogi ibarat kalian mau kencan, sama seorang cewek atau misalnya kalian cewek mau kencan sama cowok tapi kalian gak tau mereka sukanya apa. misalnya ada yang suka main bola, ada yang suka travelling, ada yang suka jalan-jalan atau misalnya hiking.

Baca Juga: Tips resign dan cara tepat untuk resign kerja yang profesional.

bayangin gak, pada saat kalian ketemu orang tersebut. dan kalian gak tau apa yang mereka suka, pasti susah kan ngobrolinnya gimana, dan first impression kalian jadinya merasa, kayak "kok kayak orang ini gak niat ya mau ngobrol sama aku" atau "kenapa orang ini gak cari tau soal aku, ya?" sama kayak kayak kalian diinterview sama perusahaan.

bayangin gak, misalnya kalian melamar di perusahaan logistic dan kalian tidak mencari tau progress industri logistic atau progress company tersebut. pasti mereka akan merasa rishi oh orang ini gak niat, ya?

perkembangan kita seperti apa mereka gak mau tahu. bisnis kita growthnya seperti apa dia gak tau. atau culture perusahaan kita dia gaktau. pasti mereka akan jadi risih maka dari itu, penting banget buat kalian research progress-progress dari perusahaan yang kalian lamar. bisa dari media sosial, bisa dari karyawan yang sedang bekerja di sana bisa dari google news, kalian tap nama perusahaannya atau bisa dari kanal youtube channel.

Gesture tubuh atau body language

Kalau kalian ngobrol sama orang, kalian liatin matanya gak sih? Iya dong. nah gimana kalo misalnya, kalian ngobrol sama orang tapi orang yang kalian ajak ngobrol matanya jelalatan. rasanya aneh kan? coba kalian diajak ngomong kayak gitu, pada saat wawancara kerja pasti orang yang ngajak ngomong kalian itu merasa risih banget dan merasa tidak sopan dong.

Pada saat interview baik secara online ataupun offline kalian tatap mata orang yang ngobrol sama kalian. supaya mereka merasa kalian menghargai. dan mata kalian selalu fokus menghadap ke mata mereka baik secara offline, misalnya langsung di meja, ya atau misalnya melalui layar komputer atau laptop kalian langsung, okeh?

Etika pada saat interview teman-teman

maksudnya bagaimana etika pada saat interview? contoh ya, misalnya pada saat wawancara offline kalian di ruang tunggu, kalian tapi bermain HP, satu contoh atau yang kedua, pada saat kalian sudah duduk di meja interview tapi HP kalian kalian taruh di meja menurut teman-teman, gimana? ngomong sama orang tapi ada HP di meja? kesannya tuh orangnya gak fokus gak sih? mau diajak ngomong atau mau main HP? maunya apa? nah, kalo misalnya secara online.

Baca Juga : Cara Profesional menjawab kelemahan dan kelebihan diri saat interview kerja.

Misalnya, contoh surrounding kalian berantakan, ada banyak barang, ada banyak apa? nah, solusinya gimana sih teman-teman misalnya secara online? contoh kalian bisa ganti wallpaper google meet atau zoom kalian bisa supaya lebih profesional, satu yang kedua, secara offline misalnya kalian taruh HP kalian di tas, kalian matiin jadi kalian bisa fokus, ngobrol-ngobrol sama dia pada saat menunggu di interview. kalian tinggal duduk aja, sambil membaca-baca perusahaan terkait tersebut jadi terlihat kalo kalian niat dan menghargai mereka.

Melewatkan kesempatan bertanya pada saat sudah diberikan

biasanya pada saat akhir proses wawancara. interviewer akan memberikan kalian kesempatan untuk bertanya. biasanya pertanyaan yang diajukan bisa 1 sampai 3. kenapa sih penting banget untuk bertanya pada saat diberikan kesempatan. satu, supaya mereka bisa melihat kalian tertarik join perusahaan tersebut. kedua, supaya kalian sendiri tau progress perusahaan ini seperti apa.

Misalnya, kalian bertanya terkait produk yang akan dikembangkan. atau misalnya progress company selama satu tahu kebelakang. atau misalnya selama corona bagaimana company ini bertahan? apa strateginya biar bisa survive, even growth, gitu misalnya. jadi kalian tau progressnya dan nanti kalian juga bisa melihat kalau "oh misalnya aku join perusahaan ini, berarti a-b-c ini akan terjadi karena sudah ada plan" misalnya seperti itu. dan mungkin yang gak kalah penting adalah kalian juga bertanya rekrutmen prosesnya seperti apa. supaya kalian bisa me-manage waktu kalian.

kemudian sekiranya ada progress bisa kalian bisa tanyakan kepada pihak yang mewawancarai. dan ini kesempatan yang gak boleh di buang kalau tidak, kalian melewatkan kesempatan yang lebih besar untuk tau lebih detail progress dari rekrutmen proses kalian. berikut tips and trik kesalahan wawancara kerja yang sering terjadi pada proses interview.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel